Contoh Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 5 SD Fase C Kurikulum Merdeka
A. INFORMASI UMUM MODUL
Nama Penyusun : ..................
Instansi/Sekolah : SDN Guruh Merdeka
Jenjang / Kelas : SD / V
Alokasi Waktu : 2 X 3 Pertemuan ( 6 X 35 Menit )
Tahun Pelajaran : 20... / 20...
B. KOMPONEN INTI
Capaian Pembelajaran Fase C
Pada akhir Fase C, peserta didik memahami dan merespon teks lisan, tulisan, dan visual sederhana dalam bahasa Inggris. Mereka menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam situasi yang familiar/lazim/rutin. Peserta didik memahami hubungan bunyi huruf pada kosakata sederhana dalam bahasa Inggris dan menggunakan pemahaman tersebut untuk memahami dan memproduksi teks tulisan dan visual sederhana dalam bahasa Inggris dengan bantuan contoh.
Fase C Berdasarkan Elemen
Elemen Menyimak – Berbicara
Pada akhir Fase C, peserta didik menggunakan kalimat dengan pola tertentu dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi pada lingkup situasi sosial dan kelas yang makin luas, namun masih dapat diprediksi atau bersifat rutin. Mereka mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam aktivitas belajar, seperti membuat pertanyaan sederhana, meminta klarifikasi dan meminta izin. Mereka menggunakan beberapa strategi untuk mengidentifikasi informasi penting/inti dalam berbagai konteks, seperti meminta pembicara untuk mengulangi atau berbicara dengan lebih pelan, atau bertanya arti sebuah kata. Mereka mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar.
By the end of Phase C, students use English to interact in a range of predictable social and classroom situations using certain patterns of sentences. They change/substitute some elements of sentences to participate in learning activities such as asking simple questions, requesting clarification and seeking permission. They use some strategies to identify key information in most contexts such as asking a speaker to repeat or to speak slowly, or asking what a word means. They follow a series of simple instructions related to classroom procedures and learning activities.
Elemen Membaca – Memirsa
Pada akhir Fase C, peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan memahami kata-kata baru dengan bantuan gambar/ilustrasi serta kalimat dalam konteks yang dipahami peserta didik. Mereka membaca dan memberikan respon terhadap beragam teks pendek, sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif. Mereka menemukan informasi pada sebuah kalimat dan menjelaskan topik sebuah teks yang dibaca atau diamatinya.
By the end of Phase C, students understand familiar and new vocabulary with support from visual cues or context clues. They read and respond to a wide range of short, simple, familiar texts in the form of print or digital texts, including visual, multimodal or interactive texts. They find basic information in a sentence and explain a topic in a text read or viewed.
Elemen Menulis – Mempresentasikan
Pada akhir Fase C, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui salinan tulisan dan tulisan sederhana mereka sendiri, serta menunjukkan perkembangan pemahaman terhadap proses menulis. Mereka menunjukkan kesadaran awal bahwa teks dalam bahasa Inggris ditulis dengan kaidah (konvensi) yang disesuaikan dengan konteks dan tujuannya. Dengan bantuan guru, mereka menghasilkan teks deskripsi, cerita, dan prosedur sederhana menggunakan kalimat dengan pola tertentu dan contoh pada tingkatan kata dan kalimat sederhana. Mereka menunjukkan kesadaran atas pentingnya tanda baca dasar dan penggunaan huruf kapital. Mereka menunjukkan pemahaman terhadap beberapa hubungan bunyi-huruf dalam bahasa Inggris dan ejaan dari kata-kata yang umum digunakan. Dalam menulis, mereka menggunakan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah, dan mereka juga menggunakan beberapa strategi dasar seperti menyalin kata atau frasa dari buku atau daftar kata, menggunakan gambar, dan bertanya bagaimana cara menuliskan sebuah kata.
By the end of Phase C, students communicate their ideas and experience through copied writing and their own basic writing, showing evidence of a developing understanding of the writing process. They demonstrate an early awareness that written texts in English are presented through conventions, which change according to context and purpose. With teachers’ support, they produce simple descriptions, recounts and procedures using certain patterns of sentences and modelled examples at word and simple sentence level. They show awareness of the need for basic punctuation and capitalization. They demonstrate knowledge of some English letter-sound relationships and the spelling of high-frequency words. In their writing, they use vocabulary related to their class and home environments, and use basic strategies, such as copying words or phrases from books or word lists, using images and asking how to write a word.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu menggunakan kata sifat perbandingan untuk menjelaskan ciri manusia, binatang, dan benda-benda lainnya.
Profil Pancasila
• Mandiri • Kreatif • Berpikir kritis • Bergotong royong
Kata kunci
Animal, giraffe, deer, smaller than, taller than, younger than, faster than, cheaper than, more expensive than, bigger than, shorter than, newer than, thinner than, longer than, older than, fatter than, slower than.
Target Peserta Didik :
Peserta didik Reguler
Jumlah Siswa :
30 Peserta didik (dimodifikasi dalam pembagian jumlah anggota kelompok ketika jumlah siswa sedikti atau lebih banyak)
Assesmen :
Guru menilai ketercapaian tujuan pembelajaran
• Asesmen individu
• Asesmen kelompok
Jenis Assesmen :
• Presentasi
• Produk
• Tertulis
• Unjuk Kerja
• Tertulis
Model Pembelajaran
Tatap muka
Ketersediaan Materi :
- Pengayaan untuk peserta didik berpencapaian tinggi: YA/TIDAK
- Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas untuk peserta didik yang sulit memahami konsep: YA/TIDAK
Kegiatan Pembelajaran Utama / Pengaturan peserta didik :
• Individu
• Berkelompok (Lebih dari dua orang)
Metode dan Model Pembelajaran :
Diskusi, Presentasi, Demontrasi, Permainan
Media Pembelajaran
- Laptop
- Alat bantu audio (speaker)
- Proyektor
- Jaringan internet
- Video yang berkaitan dengan dengan materi
- Gambar yang berkaitan dengan materi
Materi Pembelajaran:
The giraffe is taller than the deer
Students are able to use comparative adjectives to talk about people, animals, and things
Sumber Belajar :
1. Sumber Utama
- Buku bahasa inggris My Next Words kelas V SD
- Internet
2. Sumber Alternatif
Guru juga dapat menggunakan alternatif sumber belajar yang terdapat di lingkungan sekitar dan disesuaikan dengan tema yang sedang dibahas.
Persiapan Pembelajaran :
- Memastikan semua sarana prasarana, alat, dan bahan tersedia
- Memastikan kondisi kelas kondusif
- Mempersiapkan bahan tayang
- Mempersiapkan lembar kerja siswa
Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran :
Kegiatan Pembuka
- Guru mempersiapkan peserta didik secara fisik maupun psikis untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
- Guru memberikan dorongan kepada peserta didik di kelas agar bersemangat pada saat mengikuti pelajaran melalui apersepsi yang dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik.
- Peserta didik diberikan kesempatan untuk memimpin doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing sebelum pembelajaran dilaksanakan.
- Setelah berdoa selesai, Siswa yang mendapat tugas bergilir, menyuruh teman–temannya untuk berdiri menggunakan Bahasa Inggris dan memimpin menyanyikan lagu pilihan yang disiapkan oleh guru, atau lagu dalam Bahasa Inggris yang lainnya yang sudah pernah dipelajari.
- Peserta didik bersama dengan guru mendiskusikan tujuan dan rencana kegiatan pembelajaran.
Prosedur Kegiatan :
Look and say
Peserta didik mampu melafalkan kata dan kalimat tentang kata sifat perbandingan dengan tepat dan benar.
- Guru mengingatkan kembali ciri-ciri manusia, binatang, dan benda-benda lainnya yang telah dipelajari dalam unit sebelumnya.
- Guru berdiri di depan kelas dan meminta seorang peserta didik untuk berdiri di sampingnya.
- Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik. Contoh pertanyaan guru: Look at me and your friend. Who is taller?
- Guru mengajak peserta didik membuka halaman 77-78.
- Guru bertanya jawab dengan peserta didik mengenai gambar (sambil mengingat kembali ciri-ciri manusia, hewan dan benda) Contoh: Look at this picture. (sambil menunjuk gambar yang paling atas) The giraffe is taller the deer.
- Peserta didik menyimak guru mengucapkan kalimat dan peserta didik menirukan. Kegiatan ini dapat diulang secara bersama-sama dan individual.
- Guru memberikan pertanyaan (is a t-shirt more expensive than a pair of trousers?) berdasarkan gambar untuk memastikan pemahaman mereka.
- Guru bertanya kepada peserta didik: How are we growing well? Give some tips. (HOTS).
Look and write
Peserta didik mampu menuliskan jawaban pertanyaan tentang kata sifat perbandingan dengan tepat dan benar.
- Guru mengajak peserta didik membuka halaman 79-80 untuk mengamati gambar.
- Guru kemudian menanyakan tentang gambar tersebut. Contoh pertanyaan guru: Is the mouse smaller than the deer?
- Guru menginstruksikan peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikutnya.
Let’s play
Peserta didik mampu bermain berkelompok untuk memperkuat pemahaman yang benar mengenai penggunaan kata sifat perbandingan
- Guru memberitahukan peserta didik bahwa bahwa hari ini mereka akan bermain dengan menggunakan kartu bergambar. Contoh kalimat untuk guru: Today we are going to play a group game.
- Guru mengajak 3 peserta didik maju ke depan sebagai model.
- Guru mencontohkan cara memainkannya. Contoh kalimat guru untuk peserta didik: In your group, take turns to ask your friends while showing a picture, “How does the giraffe look like?”
- Peserta didik (model) melakukan kegiatan seperti yang dicontohkan guru.
- Peserta didik dibagi ke dalam 5 kelompok untuk melakukan permainan.
Look and answer
Peserta didik mampu menuliskan jawaban pertanyaan tentang ajektiva komparatif dengan tepat dan benar.
- Peserta didik diminta membuka buku halaman 83-84.
- Peserta didik mengamati gambar dan kalimat yang ada pada gambar.
- Guru menunjuk pada satu contoh gambar dalam buku dan memberikan pertanyaan. Contoh pertanyaan guru: How is the elephant compared to the rabbit? Is the rabbit bigger?
- Peserta didik mencoba menjawab latihan dengan menuliskan jawaban seperti contoh yang diberikan.
My new words
Peserta didik dan guru mampu melakukan kegiatan penguatan dengan mengucapkan dan mengingat kembali materi pembelajaran dalam unit ini.
Pada tahapan ini guru mengajak peserta didik untuk mengingat kembali kosakata tentang perbandingan.
Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 5 SD/MI |
Kegiatan Penutup
- Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang pengalaman dan kesulitan mereka dalam pembelajaran The giraffe is taller than the deer
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- Peserta didik yang mendapat giliran, memimpin menyanyikan kembali lagu yang sudah dipelajari dalam bahasa Inggris.
- Peserta didik yang mendapat tugas bergilir, memimpin doa menggunakan Bahasa Inggris kemudian peserta didik berterima kasih kepada guru dan saling mengucapkan salam perpisahan menggunakan Bahasa Inggris untuk mengakhiri kegiatan belajar
Pelaksanaan Asesmen
Sikap
- Melakukan observasi selama kegiatan berlangsung dan menuliskannya pada jurnal, baik sikap positif dan negatif.
- Melakukan penilaian antarteman.
- Mengamati refleksi peserta didik.
Pengetahuan
Memberikan tugas tertulis, lisan, dan tes tertulis
Keterampilan
• Presentasi
• Proyek
• Portofolio
Pengayaan dan Remedial
Pengayaan:
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai kompetensi dasar (KD).
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan atau pendalaman materi
Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang capaian kompetensi dasarnya (KD) belum tuntas.
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum tuntas.
- Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum tuntas dalam bentuk pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok, pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
Kriteria Penilaian :
Penilaian proses: berupa catatan/deskripsi kerja saat diskusi kelompok.
Penilaian Akhir: Skor nilai 10-100
Rubrik Penilaian :
Berikut adalah penilaian yang dapat digunakan oleh guru dalam menilai peserta didik pada unit 8.
Refleksi Guru:
Refleksi Peserta Didik:
C. LAMPIRAN
Lembar Kerja :
LKPD Bahasa Inggris Kelas 5 SD/MI |
LKPD Bahasa Inggris Kelas 5 SD/MI |
LKPD Bahasa Inggris Kelas 5 SD/MI |
Bahan Bacaan Peserta Didik :
Buku siswa Bahasa inggris My Next Words untuk kelas 5 SD
Glosarium
Manusia Diterjemahkan dari bahasa Inggris Manusia adalah spesies primata yang paling melimpah dan tersebar luas, ditandai dengan bipedalisme dan keterampilan kognitif yang luar biasa karena otak yang besar dan kompleks. Ini telah memungkinkan pengembangan alat canggih, budaya, dan bahasa. / Manusia adalah makhluk sempurna yang diciptakan oleh Tuhan dibanding makhluk ciptaan yang lain.
Hewan, binatang, fauna, margasatwa, atau satwa adalah organisme eukariotik multiseluler yang membentuk kerajaan biologi Animalia. Dengan sedikit pengecualian, hewan mengonsumsi bahan organik, menghirup oksigen, dapat bergerak, bereproduksi secara seksual, dan tumbuh dari bola sel yang berongga, blastula, selama fase perkembangan embrio
Jerapah adalah binatang menyusui dan memamah biak yang berleher panjang berasal dari Afrika
Rusa, sambar, atau menjangan adalah hewan mamalia pemamah biak yang termasuk famili Cervidae. Salah satu ciri khas rusa adalah adanya antler, dan bukan tanduk, yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun terutama pada rusa jantan
Tinggi adalah pengukuran secara vertikal dari sebuah objek
pendek dekat jaraknya dari ujung ke ujung
tua lanjut usia (tidak muda lagi).
muda belum sampai setengah umur
Daftar Pustaka:
Budgell, Gill dan Ruttle, Kate. 2015. Cambrigde Primary English Phonics Workbook B. Cambridge University Press. UK
Budgell, Gill dan Ruttle, Kate. 2021. Cambrigde Primary English 2. Cambridge University Press. Cambridge University Press. UK
Cambridge University Press. 2017. Flyers Authentic Examination Papers 1. Cambridge
University Press. New York
Cambridge University Press. 2020. We Love English 5. Cambridge University Press. UK
Cambridge University Press. 2020. We Love English 6. Cambridge University Press. UK
Fernandez, Martha. 2019. Cambridge Primary Path 1. Cambridge University Press. New York
Hiang, Tay Eng. 2008. Grammar Practice Primary 5. Marshal Cavendish Education. Singapore
Hiatt, Kay dan Budinger, Emily (Editor). 2013. Ready to Go Lessons for English Stage 1. Hodder Education. UK
K.E. Suyanto, Kasihani. 2014. English for Young Learners. PT. Bumi Aksara. Jakarta
Kelly, Miles, 2013. Nursery Treasury, Miles Kelly Publishing. UK
Lewis, Gordon with Bedson, Gunter. 1999. Games for Children. Oxford University Press. UK
Ling, dkk, English 4A. Marshal Cavendish Education. Singapore
Linse, Caroline dan Schottman, Elly. 2016.Cambridge Global English Learner’s Book 3. Cambridge University Press. UK
Linse, Caroline dan Schottman, Elly. 2016.Cambridge Global English Activity Book 3. Cambridge University Press. UK
Marshal Cavendish Education. 2014. The Write Way Generating Ideas, Mastering
Compotition. Primary 6. Marshal Cavendish Education. Singapore
Murphy, Raymod. 2014. Essential Grammar in Use Dalam Wuri Soedjatmiko (Penerjemah). Cambridge University Press. Singapore
Oxford University Press. 2015. Oxford Dictionary, New York: Oxford University Press Putcha dkk. 2012. Super Mind Student’s Book 1. Cambrigde University Press. UK
Rappen, Randy dan Gordon, Deborah. 2012. Grammar and Beyond 1. Cambridge University Press. UK
Richard, Jack C dan Bohlke, David. Cambridge University Press. 2019. Four Corners Student Book 1. Cambridge University Press. New York
A.Scott, Wendy and H. Ytreberg, Lisbeth. 2012. Teaching English to Children. Pearson Education Limited. England
Singapore Asia Publisher. 2020. Learning Creative Writing Promary English Compositon Guide and Practice Workbook 1. Singapore Asia Publisher. Singapore
Singapore Asia Publisher. 2020. Learning Creative Writing Promary English Compositon Guide and Practice Workbook 2. Singapore Asia Publisher. Singapore
Singapore Asia Publishers Pte Ltd. 2014. Conquer Creative Writing For Primary 6. Singapore Asia Publishers Pte Ltd. Singapore
Singapore Asia Publishers Pte Ltd. 2014. Learning Grammar Workbook 5. Singapore Asia Publishers Pte Ltd. Singapore
Singapore Asia Publishers Pte Ltd. 2019. Learning English Grammar Workbook 3. Singapore Asia Publishers Pte Ltd. Singapore
Sprat dkk. 2011. The TKT Teaching Knowldgw Test Modules 1, 2 and 3. Cambridge University Press. UK
Toy, Mary M. E. 2011. Let’s Advance in English Book 4. Singapore Asia Publishers Pte Ltd. Singapore
Toy, Mary M. E. 2011. Let’s Advance in English Book 5. Singapore Asia Publishers Pte Ltd. Singapore
Treloar, Frances dan Thompson, Steve. 2016. Take off with English Pupil’s Book 6.Marshal Cavendish Education. Singapore