Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PPKn Kelas 1 SD Fase A

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
FASE A KELAS 1 SD/MI

Modul Ajar Kurikulum Merdeka PPKn Kelas 1 SD Fase A

INFORMASI UMUM 
A. IDENTITAS MODUL
1. Penyusun : ..................................... 
    Instansi : SD Guruh Merdeka
    Tahun Penyusunan : Tahun 202..
2. Jenjang Sekolah : SD
3. Kelas : 1 (Satu)
4. Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit (Pertemuan Ke-2) 

B. KOMPETENSI AWAL
  • Peserta didik dapat mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
  • Peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar, serta mempraktikkannya di rumah dan di sekolah.

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, Dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif

D. SARANA DAN PRASARANA
  • Alat Pembelajaran :  Komputer / laptop, jaringan internet, proyektor / Alat permainan tradisional / media gambar
  • Sumber Belajar :  (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SD Kelas I Penulis: Elisa Seftriyana & Ratna Sari Dewi dan Internet), Lembar kerja peserta didik
  • Lampu ruang kelas yang memadai 
  • Ruang kelas yang cukup luas 

E. TARGET PESERTA DIDIK
  • Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
  • Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin

F. JUMLAH PESERTA DIDIK
Minimum 15 Peserta didik, Maksimum 25 Peserta didik

G. MODEL PEMBELAJARAN
Pembelajaran Tatap Muka, Pembelajaran Jarak  Jauh Dalam Jaringan (PJJ Daring), Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan (PJJ Luring)

KOMPNEN INTI
A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Fase A
Elemen: Negara Kesatuan Republik Indonesia
Tujuan umum yang diharapkan pada Unit IV “Aku Cinta Lingkungan Sekitar” peserta didik dapat menuliskan karakteristik (ciri) sederhana yang kasat mata (real, nyata, kongkrit) tentang tempat tinggalnya, rumah dan lingkungan sekitarnya. Tujuan khusus yang diharapkan pada unit IV “Aku Cinta Lingkungan Sekitar” antara lain:
  • Melalui menggambar denah bagian luar bangunan rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menggambarkan batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat dari rumahnya.
  • Melalui mengamati dan menjaga kebersihan bagian luar bangunan rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat.
  • Melalui mengamati lingkungan sekitar rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersahabat dengan tetangga dan dapat menyebutkan rumah tetangga terdekat bagian utara, selatan,timur dan barat.

B. PEMAHAMAN BERMAKNA 
  • Gambar batas-batas rumah dan kosakata batas batas lingkungan sekitar rumah.
  • Penerapan mencintai batas-batas rumahnya dari segala penjuru dengan menjaga dan menciptakan kebersihan.

C. PERTANYAAN PEMANTIK 
  • Anak-anak, tahukah kalian apa yang Ibu pegang ini? 
  • Gambar apakah ini?

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran II
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

a. Persiapan Mengajar
Pada unit kegiatan pembelajaran II, beberapa hal yang harus dipersiapkan guru antara lain antara lain:
  • Guru dapat menyiapkan gambar lingkungan sekitar rumah, batas-batas rumah dan cara menjaga kebersihan lingkungan rumah
  • Jika sarana dan prasarana memadai, guru menyiapkan video/rekaman lagu “arah mata angin” yang dapat ditampilkan menggunakan proyektor. Atau guru dapat menggantinya dengan poster/banner berisi lirik lagu Arah Mata Angin dengan desain warna menarik
  • Guru menyiapkan ruangan kelas dari kursi-kursi dan meja untuk bermain game konsentrasi arah mata angin (guru dapat menarasikan arah kanan, kiri, depan dan belakang)
  • Guru dapat mendesain kegiatan inovasi, permainan, board games, atau media lain yang memotivasi belajar peserta didik (contoh inovasi termuat pada alternatif pembelajaran)

b. Kegiatan Pengajaran di Kelas
Pada unit kegiatan pembelajaran II, beberapa hal yang harus dipersiapkan guru antara lain antara lain:

Kegiatan Pembuka (5 Menit)
a. Jika pembelajaran ini dimulai dari jam pertama, maka dalam kegiatan pendahuluan ini diawali dengan mengucapkan salam dari guru, membaca doa atau meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa sesuai agama dan kepercayaan masingmasing.
b. Guru dapat mengecek kesiapan peserta didik sebelum belajar dengan meminta peserta didik merapikan pakaian, tempat duduk, dan kemudian mengecek kehadiran peserta didik.
c. Guru memberikan pertanyaan sebagai stimulus  pengetahuan peserta didik tentang gambar lingkuan sekitar rumah, batas-batas rumah dan cara membersihkannyandengan pertanyaan “Anak-anak, tahukah kalian apa yang Ibu pegang ini? Gambar apakah ini?”

Kegiatan Inti (60 Menit)
  • Guru memberikan tanggapan atas respon dari peserta didik mengenai gambar lingkungan sekitar rumah. Guru dapat memberikan penjelaskan tentang batasbatas rumah dan cara menjaga kebersihan lingkungan rumah. Hal ini dilakukan dalam rangka mengenalkan lingkungan sekitar peserta didik.
  • Guru meminta peserta didik untuk bernyanyi bersama-sama lagu Arah Mata Angin. Guru dapat mengaitkannya dengan batas-batas lingkungan rumah, utara, timur, selatan, dan barat.
  • Guru mengajak peserta didik untuk bermain game konsentrasi Arah Mata Angin. (guru dapat menarasikan arah kanan, kiri, depan, belakang) Hal ini dilakukan agar peserta didik mengenal lingkungan sekitar rumahnya sebelah kanan, kiri, depan dan belakang.
  • Setelah bermain konsentrasi arah mata angin. Guru meminta peserta didik untuk menggambar dan menyebutkan batas-batas lingkungan sekitar rumah kanan, kiri, depan, dan belakang lalu guru meminta peserta didik untuk menyebutkan cara membersihkan lingkungan sekitar rumah.
  • Guru memastikan apakah peserta didik sudah paham dengan batas-batas wilayah kanan, kiri, depan dan belakang dengan meminta peserta didik untuk melihat lingkungan sekitar sekolah dan meminta peserta didik menyebutkan apa yang Ia lihat sesuai dengan batas kanan, kiri, depan dan belakang.

Kegiatan Penutup (5 Menit)
  • Guru memberikan reward kepada peserta didik yang dapat menyebutkan dan menggambarkan batas-batas wilayah lingkungan rumah, dan menyebutkan cara membersihkan lingkungan sekitar rumah.
  • Guru meminta peserta didik untuk membawa LKPD ke rumah masing-masing, dan meminta peserta didik untuk bercerita kembali atau berlatih bercerita kepada orang tua/keluarga di rumah tentang batas-batas wilayah rumah sebelah utara, selatan, timur, dan barat.
  • Guru mengajak peserta didik untuk bersyukur atas kesempatan belajar dan ilmu yang telah diperoleh dengan berdoa bersama, selanjutnya sebagai penutup guru memberi salam kepada peserta didik.

c. Kegiatan Pembelajaran Alternatif 
Pada kegiatan pembelajaran II, aktivitas menekankan pada  peserta didik akan melaksanakan pembelajaran menyebutkan dan menggambar batas-batas wilayah dari rumahnya. Peserta didik akan melaksanakan aktivitas bernyanyi, mengamati, mendengarkan, menyebutkan, menggambarkan dan peserta didik diajak praktek mencintai lingkungan rumah serta lingkungan sekitarnya. Aktivitas pembelajaran lain dapat dikembangkan oleh guru melalui metode dan media inovasi lain yang bertujuan mencapai tujuan pembelajaran. Alternatif-alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru antara lain:
  • Alternatif Pembelajaran 1, anak-anak dapat bermain peran sebagai anak yang sedang melakukan  pengamatan dan menggambar batas-batas rumahnya serta menjaga kebersihan bersama keluarganya.
  • Alternatif Pembelajaran 2, peserta didik dapat bermain board games Labirin 1 menghubungkan antara rumah dan batas utara rumahnya, labirin ke 2 menghubungkan antara rumah dan batas selatan rumahnya, labirin ke 3 menghubungkan antara rumah dan batas barat rumahnya dan labirin ke 4 menghubungkan antara rumah dan batas timur rumahnya.

E. REFLEKSI GURU
Berdasarkan kegiatan pembelajaran kedua, refleksi yang dapat dilakukan dengan melihat aktivitas pembelajaran, mulai dari perencanaan guru, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Kegiatan refleksi kegiatan pembelajaran kedua, dapat dilakukan dengan panduan tabel berikut ini. Kegiatan refleksi pada pembelajaran kedua, dapat dilakukan dengan panduan tabel 4.7

Tabel 4.7. Kegiatan Refleksi Pembelajaran II
Modul Ajar Kurikulum Merdeka PPKn Kelas 1 SD Fase A

Catatan hasil analisis guru dalam kegiatan refleksi akan menjadi bahan pertimbangan dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran selanjutnya. Oleh sebab itu guru harus mampu secara jujur mengungkapkan kendala-kendala apa saja yang dialami pada saat pembelajaran.

F. ASESMEN / PENILAIAN
Penilaian pembelajaran dilakukan secara terpadu, sistematis dan komprehensif yang meliputi aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan kompetensi kewarganegaraan (civic knowledge, civic dispositions, dan civic skills) dan dikombinasi dengan indikator Profil Pelajar Pancasila. Pada kegiatan pembelajaran kedua ini, prosedur penilaian dilaksanakan selama proses pembelajaran dan akhir pembelajaran. Penilaian dilaksanakan melalui pengamatan menggunakan catatan sikap atau lembar observasi, tertulis dan lisan untuk pengetahuan, unjuk kerja dan performance untuk keterampilan, serta proyek dan portofolio. Berikut lembar penilaian kegiatan pembelajaran II. Format tabel penilaian sikap spiritual dan sikap sosial mengacu pada kegiatan pembelajaran I.

Tabel 4.8 Lembar Penilaian Pengetahuan Pembelajaran II
(Pada Kompetensi Civic Knowledge dan Dimensi Profil Bernalar Kritis)
Nama : ...................................................
Kelas  : ...................................................
Aktivitas Pembelajaran : Pada saat peserta didik menggambar batas-batas wilayah sekitar lingkungan rumah dan menyebutkan cara membersihkah lingkungan rumah.
Modul Ajar Kurikulum Merdeka PPKn Kelas 1 SD Fase A

Keterangan =
P : Pengetahuan
CK : Civic Knowledge
EBK : Profil Elemen Berpikir Kritis

Tabel 4.9 Lembar Penilaian Keterampilan Pembelajaran II
(Pada Kompetensi Civic Skills dan Dimensi Profil Bernalar Kritis)
Nama : ...................................................
Kelas : ...................................................
Aktivitas Pembelajaran :  Pada saat peserta didik menggambar batas-batas wilayah sekitar lingkungan rumah dan menyebutkan cara membersihkah lingkungan rumah.
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PPKn Kelas 1 SD Fase A

G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Kegiatan Pengayaan Pembelajaran II
Pada kegiatan pembelajaran II, aktivitas menekankan pada peserta didik akan melaksanakan pembelajaran menyebutkan dan menggambar batas-batas wilayah dari rumahnya. Peserta didik akan melaksanakan aktivitas bernyanyi, mengamati, mendengarkan, menyebutkan, menggambarkan dan peserta didik diajak praktek mencintai lingkungan rumah serta lingkungan sekitarnya. Adapun kegiatan pengayaan yang akan dilaksanakan pada unit ini ialah bertujuan untuk memberikan penguatan dalam memahami capaian pembelajaran. Berikut matriks aktivitas pengayaan pada unit kegiatan pembelajaran II.

Tabel 4.10. Matriks Pengayaan Kegiatan Pembelajaran II
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PPKn Kelas 1 SD Fase A

Kegiatan remedial: 
Kepada peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan individual dan memberikan tugas tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.

LAMPIRAN
A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama : .....................
Kelas : ....................

Petunjuk!
a. Perhatikan kalimat di bawah ini!
b. Beri tanda (√) pada perbuatan yang baik.
c. Beri tanda (X) pada perbuatan yang tidak baik.
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PPKn Kelas 1 SD Fase A