Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
BAHASA INGGRIS KELAS 2 SD/MI

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

INFORMASI UMUM 
A. IDENTITAS MODUL 
Penyusun : ...................
Instansi : Guruh Merdeka
Tahun Penyusunan : ...................
Jenjang Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Fase / Kelas / Semester : A / II (Dua) / I (Ganjil)
Unit 1 : Do You Like Apple?
Alokasi Waktu : 6 Minggu

B. KOMPETENSI AWAL
Capaian Pembelajaran Fase (A)
Menyimak  - Berbicara
Peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk  berinteraksi dalam situasi sosial dan kelas seperti berkenalan, memberikan informasi diri, mengucapkan salam dan selamat tinggal.  Peserta didik merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana  dengan kata, frase atau kalimat sederhana. Peserta didik  memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual dan menggunakan kosa kata sederhana. Peserta didik menggunakan alat bantu visual untuk membantu mereka berkomunikasi.

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA  
  1. Beriman, bertaqwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  2. Kebhinekaan global
  3. Mandiri
  4. Bergotongroyong
  5. Kreatif

D. SARANA DAN PRASARANA 
  • Sumber Belajar (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 My Next Words Grade 2 - Buku Panduan Guru dan Buku Siswa, Bahasa Inggris untuk SD Kelas 2.
  • Alat Pembelajaran : Alat peraga baik berupa Foto / gambar, Komputer / laptop, jaringan internet, proyektor.
  • Lapangan / halaman sekolah / area terbuka.

E. TARGET PESERTA DIDIK 
Peserta didik reguler/tipikal

F. JUMLAH PESERTA DIDIK 
Minimum 15 Peserta didik, Maksimum 25 Peserta didik

G. MODEL PEMBELAJARAN
Tatap muka.

KOMPONEN INTI 
A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN 
Alur Tujuan Pembelajaran Unit 1 :
Pada pembelajaran ini peserta didik mampu menggunakan kata tanya "do you like ...?" kepada teman-teman, orang tua, dan guru menggunakan bahasa tubuh yang baik dengan ramah dan tepat.

Alur Tujuan Pembelajaran :
  • Siswa mampu mengatakan "Apakah kamu suka?"
  • Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan menggunakan “yes or no”. 
  • Siswa mampu menghasilkan pertanyaan dengan menggunakan “Apakah kamu suka?”

B. PEMAHAMAN BERMAKNA  
Do you like apple? Yes/No.
I Like / I do not like (don’t)

C. PERTANYAAN PEMANTIK  
"Apakah kamu suka?"

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN  
Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru membuka pembelajaran sesuai dengan kesepakatan kelas dan melakukan pengkondisian siswa untuk siap belajar yang terdiri dari : berdoa sebelum memulai kegiatan, memberi salam pada guru, dan guru memeriksa kehadiran siswa di kelas. 
  2. Guru memberikan informasi pada siswa terkait Capaian dan Alur Pembelajaran pada hari itu. 
  3. Guru memberikan motivasi kepada siswa terkait Do You Like Apple?

Let's sing 
Lagu ini menggunakan irama "Lihat Kebunku"
Pada kegiatan ini peserta didik dapat menyanyikan lagu nama-nama buah untuk penguatan konsep mengenal nama-nama buah.

Prosedur  Kegiatan :
  1. Guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi.
  2. Peserta didik diminta mendengarkan lagu yang dinyanyikan guru.
  3. Contoh kalimat guru : Teacher : "Ok, now I will sing a song, listen and repeat after me." Students : "Ok,"
  4. Setelah mendengarkan, peserta didik diajak menyanyikan lagu bersama. Teacher : "Now, let's sing together"
  5. Peserta didik menyanyi secara mandiri dengan arahan guru.
  6. Guru mengganti nama buah dalam lagu tersebut dan peserta didik menyesuaikan.

Look and say 
Dalam kegiatan ini guru bisa membawa alat peraga baik berupa gambar atau buah. 
Pada kegiatan ini peserta didik dapat melafalkan nama-nama buah dengan tepat.

Prosedur  Kegiatan :
  1. Peserta didik diminta melihat gambar halaman 3.
  2. Peserta didik diajak menirukan pengucapan semua kata di halaman 3.
  3. Guru meminta  peserta didik melihat gambar dan tulisan serta menirukan pengucapan kalimat secara klasikal kemudian individual.
  4. Peserta didik diminta mengulang pengucapan secara mandiri untuk halaman 4 dengan ditunjuk oleh guru secara acak.
  5. Guru dengan bantuan media gambar atau buah asli menanyakan nama buah-buahan tersebut kepada peserta didik secara acak.
Contoh kalimat guru:
"What fruit is this?" 
"Is it a banana?"
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

Listen and match 
Dalam kegiatan ini guru bisa membawa alat peraga baik berupa gambar atau relia 
Pada kegiatan ini peserta didik dapat menyimak dengan baik untuk menjodohkan nama peserta didik dengan buah yang disukai dengan tepat.

Prosedur Kegiatan :
1. Peserta didik diingatkan kembali tentang nama-nama buah berdasarkan gambar.
2. Guru menyebutkan kegiatan peserta didik hari ini yaitu menyebutkan buah kesukaan.
3. Guru menuliskan kalimat kesukaan terhadap buah yang ditulis di papan tulis dan mengajak peserta didik mengucapkan bersama-sama.
Contoh kalimat guru:
"Let's say together". 
"I like strawberry".
"I like apple".
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

4. Guru memberi instruksi pada peserta didik untuk membuka halaman 5.
5. Guru meminta peserta didik memperhatikan gambar buah pada halaman 4 dan mengajak peserta didik untuk menyebutkan nama-nama buah tersebut.

Contoh ucapan guru : "Ok students, we are going to know about someone favourite fruit".
Listen to me: "Made likes mango".
"Let's make a line".
"Match the picture to the name".

6. Guru memberi contoh dengan menggambar buah dan menulis dua nama peserta didik yang ditulis pada buku.
Contoh kalimat guru:
"Open page 5".
"Look at the picture".
"Do you know  what  fruit  is this? Come on, say after  me".
"Banana, pineapple, mango, ..."
(Guru mempraktekkan menarik garis melalui gambar yang dibuat di papan tulis).

7. Guru  memberikan instruksi kepada peserta didik untuk mencocokkan gambar dengan kalimat yang guru ucapkan dengan tepat.
  • Made Likes mango.
  • Cici likes orange.
  • Aisyah likes banana.
  • Azam likes pineapple.
  • Joshua likes apple.

Game 
Permainan ini menggunakan bola plastik atau bola dari kertas dan kartu dengan gambar buah
Pada kegiatan ini peserta didik akan memainkan permainan untuk penguatan materi nama-nama buah dengan baik.

Prosedur Kegiatan  :
1. Guru memberitahu bahwa peserta didik akan bermain game dengan kartu tentang hal-hal yang berkaitan dengan buah.
Contoh kalimat guru:
"Ok Students, now we are going to play a game".
"The game is about  the name of fruits, the colour of fruits, and the song of fruits".
"You can take one card and do what card says".

2. Selanjutnya guru membuat beberapa kelompok yang beranggotakan  5-6 peserta didik.
3. Semua kelompok membentuk lingkaran. Masing-masing kelompok mendapatkan satu set kartu berwarna-warni.
  • Guru menunjuk 1 peserta didik untuk memimpin permainan ini dengan membawa bola kertas.
  • Kemudian bola dilempar ke salah satu temannya dengan menyebut salah satu warna kartu.
  • Setelah itu, yang mendapat bola membaca dan menjawab pertanyaan pada kartu tersebut.
  • Bola di lempar ke teman lain dan seterusnya.
4. Adapun isi kartu adalah:
  • Warna kuning (yellow) : Mention 5 names of fruits.
  • Warna merah (red) : Mention 2 red fruits.
  • Warna biru (blue) : Mention 1 yellow fruit.
  • Warna hijau (green) : Sing fruits song.
  • Warna coklat (brown) : Mention 2 kinds round-shaped fruit.

Let's say 
Pada kegiatan ini peserta didik dapat melafalkan nama-nama buah yang dihubungkan dengan penggunaan kata tanya "What fruit do you like?" dengan tepat.

Prosedur Kegiatan :
1. Guru menyediakan kartu bergambar buah: jeruk, anggur, rambutan, pisang, apel, semangka, salak, nanas, durian, pir, mangga, dan matoa.
2. Guru memberi contoh dialog menggunakan media kartu dan memanggil seorang peserta didik menjadi model di depan kelas.
Contoh kalimat guru:
Teacher: "Ok students, now we are going to say about fruit that we like". "What fruit do you like?".
Students : "I like watermelon".
3. Selanjutnya kegiatan ini dilakukan berpasangan antar peserta didik dengan teman sebangkunya.

Listen and colour 
Pada kegiatan ini peserta didik dapat mewarnai buah-buahan sesuai instruksi yang didengar dengan tepat.

Prosedur Kegiatan  :
1. Guru mengajak peserta didik untuk mewarnai gambar buah di halaman 7 dengan memberi instruksi warnanya.
Contoh kalimat guru:
"Students, we are going to colour the picture of fruits". "Now, take your colour! crayon and listen to me". "Red for strawberry".

2. Guru menunggu peserta didik menyelesaikan proses mewarnai hingga selesai sambil memastikan yang diwarnai peserta didik sesuai warna yang diinstruksikan.
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

Listen and circle 
Pada kegiatan ini peserta didik dapat menyimak instruksi dengan melingkari gambar yang tepat.

Prosedur Kegiatan :
1. Guru memberitahukan bahwa peserta didik akan diajak menyimak kata yang diucapkan guru, kemudian melingkari gambar yang sesuai dengan yang diucapkan guru. Halaman 8-9.
Contoh kalimat guru :
Teacher: "Ok students, now I will say the name of fruits, listen  carefully and circle the right picture".

2. Guru memberikan salah satu contoh di halaman 8.
Contoh ucapan guru:
"Now, look at the pictures".
"Listen to me and circle the right picture".
"I don't like snakefruit, cirlce the snakefruit".

3. Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan secara mandiri halaman 8-9.
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

Let's find out 
Peserta didik dapat menggunakan kata tanya "Do you like ...?" untuk menanyakan buah kesukaan teman-temannya.

Prosedur Kegiatan  :
1. Guru memberitahukan bahwa mereka akan melakukan kegiatan dengan temannya tentang menanyakan buah-buahan yang mereka suka atau tidak suka menggunakan "Do you like ...?".
Memberi tanda centang (√) untuk buah yang disukai dan silang (X) untuk buah yang tidak disukai kemudian mencatatnya dalam tabel halaman 11. Guru memanggil 2 peserta didik sebagai model untuk  maju ke depan kelas.
Contoh:
Students A : "Do you like apple?".
Students B : "No".
Students A : "Do you like grape?".
Students B : "No".
Students A : "Do you like watermelon?".
Students B : "No".
Students A : "Do you like banana?".
Students B : "Yes".

Contoh intruksi  guru:
Azzam likes banana, di papan tulis.

2. Guru membuat contoh bagaimana menuliskan laporan berdasarkan survei yang dilakukan.
3. Setiap peserta didik secara bergantian bertanya kepada 5 temannya sesuai yang diperagakan temannya.
4. Setelah semua peserta didik dipastikan menanyai 5 temannya. Mereka diberi kesempatan untuk menulis laporannya di halaman 11.

My new words 
Prosedur Kegiatan :
Pada tahap ini peserta didik diajak untuk menyebutkan kembali semua nama-nama buah yang telah dipelajari sebelumnya dengan benar.

Kegiatan Penutup 
1. Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

E. ASESMEN 
Indikator : Bertanya menggunakan "Do you like ... ?" pada orang lain (teman, guru dan orang tua) dengan ramah dan santun.
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A
Kelancaran :
1. Jeda lama dalam berkomunikasi
2. Sedikit jeda dalam berkomunikasi
3. Berkomunikasi tanpa jeda yang lama

Ketuntasan :
1. Kesulitan berkomunikasi
2. Sedikit kesulitan berkomunikasi
3. Berkomunikasi dengan baik

Pelafalan :
1. Kesulitan melafalkan
2. Sedikit kesulitan melafalkan
3. Lancar melafalkan

F. REFLEKSI 
Refleksi Guru:
  1. Bagaimanakah reaksi peserta didik dalam mengikuti  pembelajaran pada unit ini?
  2. Apakah yang menjadi kendala dalam pembelajaran pada unit ini?
  3. Bagaimana pencapaian keberhasilan dalam pembelajaran unit ini?
  4. Apa poin penting yang menjadi catatan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran pada unit ini?
  5. Satu kata atau kalimat yang menggambarkan pencapaian pembelajaran pada unit ini?

Refleksi Peserta Didik :
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL 
Pengayaan :
Peserta didik diperkenalkan kalimat tanya: Do you like ... ? What's fruit do you like?

Remedial :
Peserta didik diminta untuk mengucapkan berulang-ulang kosakata tentang buah-buahan.

LAMPIRAN 
A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama : ............
Kelas : ............
Petunjuk!


Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 2 SD Fase A

B. BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK 
  • Guru dan peserta didik mencari berbagai informasi tentang Do You Like Apple? media atau website resmi dibawa nauangan kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.
  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 My Next Words Grade 2 - Buku Panduan Guru dan Buku Siswa, Bahasa Inggris untuk SD Kelas 2.

C. GLOSARIUM 

GLOSARIUM

Let's sing
Pada kegiatan let's sing guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama untuk mengingat konsep tertentu yang sudah dipelajari.
Look and say 
Pada aktivitas look and say guru mangajak peserta didik melihat dan memperhatikan gambar kemudian guru mengucapkan kata atau kalimat dengan benar dan peserta didik menirukan.
Listen and match
Pada kegiatan listen and match peserta didik mendengarkan kalimat guru kemudian peserta didik mencocokkan dengan gambar, kata atau kalimat.
Game
Pada kegiatan game peserta didik bermain berkelompok untuk menguatkan konsep yang sudah dipelajari.
Let's say
Pada kegiatan let's say guru mengajak peserta didik untuk mengucapkan kata dengan benar.
Listen and colour
Pada kegiatan listen and colour guru memberikan instruksi peserta didik mewarnai gambar sesuai instruksi guru.
Listen and circle
Pada kegiatan listen and circle peserta didik mendengarkan instruksi guru kemudian peserta didik melingkari gambar, kata atau kalimat yang tepat.
Let's find out
Pada kegiatan let's find out peserta didik bertanya pada beberapa teman tentang topik tertentu dan membuat laporan dari hasil survei berupa laporan tertulis atau lisan.
My new words
Pada poin  my new word guru dapat melakukan kegiatan penguatan dengan mengucapkan dan mengingatkan  kembali konsep yang baru didapat peserta didik.

D. DAFTAR PUSTAKA 

DAFTAR PUSTAKA

Budgell, Gill dan Ruttle, Kate. 2015. Cambrigde Primary English Phonics Workbook B. Cambrigde University Press. UK 
Budgell, Gill dan Ruttie, Kate. 2021. Cambrigde Primary English 2. Cambrigde University Press. Cambrigde University Press. UK
Cambrigde University Press. 2017. Flyers Authentic Examination Papers 1. Cambrigde University Press. New York
Cambrigde University Press. 2020. We Love English 5. Cambrigde University Press. UK Cambrigde University Press. 2020. We Love English 6. Cambrigde University Press. UK
Fernandez, Martha. 2019. Cambrigde Primary Path 1. Cambrigde University Press. New York
Hiang, Tay Eng. 2008. Grammar Practice Primary 5. Marshal Cavendish Education. Singapore
Hiatt, Kay dan Budinger, Emily (Editor). 2013. Ready to Go Lessons for English Stage 1. Hodder Education. UK
K.E. Suyanto, Kasihani. 2014. English for Young Learners. PT. Bumi Aksara. Jakarta
Kelly, Miles, 2013. Nursery Treasury, Miles Kelly Publishing. UK
Lewis, Gordon with Bedson, Gunter. 1999. Games for Children. Oxford University Press. UK
Ling, dkk, English 4A. Marshal Cavendish Education. Singapore
Linse, Caroline dan Schottman, Elly. 2016. Cambridge Global English Learner's Book 3. Cambridge University Press. UK
Linse, Caroline dan Schottman, Elly. 2016. Cambridge Global English Activity Book 3. Cambridge University Press. UK
Marshal Cavendish Education. 2014. The Write Way Generating Ideas, Mastering Compotition. Primary 6. Marshal Cavendish Education. Singapore
Murphy, Raymod. 2014. Essential Grammar in Use Dalam Wuri Soedjatmiko (Penerjemah). Cambrigde University Press. Singapore