Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 1 SD Fase A
MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKAMATEMATIKA KELAS 1 SD/MI
INFORMASI UMUM
A. IDENTITAS MODUL
Penyusun : ...............
Instansi : Guruh Merdeka
Tahun Penyusunan : ...............
Jenjang Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Fase / Kelas : A / 1
Materi : Menguraikan dan Menyusun Bilangan
Alokasi Waktu : Jam ke-3
B. KOMPETENSI AWAL
Memahami penguraian angka 10
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
• Mandiri • Bernalar Kritis • Bergotong royong
D. SARANA DAN PRASARANA
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas I, Penulis: Tim Gakko Tosho Penyadur: Wahid Yunianto. dan laptop, LCD projector dan Internet.
- Gambar peraga, perlengkapan, permaianan menjatuhkan bola, kartu angka, kartu, bola magnet, aplikasi lampiran
E. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal
F. MODEL PEMBELAJARAN
Tatap Muka (TM)
KOMPNEN INTI
A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tujuan Pembelajaran :
- Memahami makna angka untuk menghitung dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat menggunakannya.
- Mencoba menncari jumlah atau selisih dari satu angka dengan angka lain dan mengetahui hubungannya.
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Meningkatkan kemampuan siswa tentang memahami penguraian angka 10
C. PERTANYAAN PEMANTIK
Membuat kartu angka sendiri ?
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
- Guru membuka kegiatan dengan aktifitas rutin kelas, sesuai kesepakatan kelas ( menyapa, berdoa, dan mengecek kehadiran ).
- Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
- Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapai cita-cita
- Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagunasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
- Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicaraselama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi dan motivasi.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
1. Menggunakan perlengkapan permainan menjatuhkan bola, siswa menguraikan angka 10 dengan beragam cara kemudian mencatatnya
- Mengetahui bahwa uraian angka 10 adalah 1 dan 9, 2 dan 8, 3 dan 7, 4 dan 6, 5 dan 5..
2. Membariskan balok secara horizontal, kemudian membaginya menjadi 2 dengan memberikan jarak diantara keduanya, kemudian mencatat banyaknya balok yang ada di kanan dan di kiri pada kotak yang tersedia di buku teks ajar
- Buat siswa menyadari bahwa dengan memindahkan balok yang ada di kanan ke kiri (atau sebaliknya) melalui celah yang ada di tengah, maka kombinasi angkanya akan berubah.
- Minta siswa untuk berpikir tentang penggunaan balok dan hubungannya dengan angka. • 5 dan 5, maka celahnya persis ada di tengah-tengah
- Bisa juga meminta siswa untuk menjelaskan lebih detil apa yang terbayang oleh siswa tentang kata "tengah-tengah"
3. Mengamati kartu angka, kemudian menjawab angka penyusun angka 10
- Jika kartunya ada 5, maka siswa dapat berlatih untuk mengkombinasikan semua angka, namun agar siswa melakukan usaha lebih, balik kartunya dan gunakan sampai 9 kartu.
- Mintalah siswa untuk berlatih menemukan jawabannya secepat mungkin
Referensi
Teka-teki kata
Permainan ini mirip seperti tebak pasangan kata: gunung-sungai, gula-garam, merah-putih, dsb pada angka, misalnya: 3-7, 4-6, dst, permainan ini juga dapat diterapkan pada saat menyapa pada pagi hari sebagai pengganti salam, dan pada saat akan pulang sekolah. Pada awal masa sekolah dasar, dengan memberikan perhatian dan waktu khusus untuk mengajarkan konsep angka, diharapkan kita dapat membimbing siswa untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Penutup
- Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam
E. ASESMEN / PENILAIAN
- Performa ( presentasi )
- Tertulis
F. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pengayaan
Peserta didik dengan nilai rata-rata dan nilai diatas rata-rata mengikuti pembelajaran dengan pengayaan.
Remedial
Diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang kepada siswa yang belum mecapai CP.
G. REFLEKSI PESERTA DIDIK DAN GURU
TABEL REFLEKSI UNTUK PESERTA DIDIK
TABEL REFLEKSI UNTUK GURU
LAMPIRAN
A. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama : ....................
Kelas : 1 SD/MI
Petunjuk!
Soal
B. BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Buku Panduan Guru Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas I, Penulis: Tim Gakko Tosho, Penyadur: Wahid Yunianto, ISBN 978-602-244-534-0 (jil.1)
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas I, Penulis: Tim Gakko Tosho Penyadur: Wahid Yunianto ISBN 978-602-244-534-0 (jil.1)
C. GLOSARIUM
Teka-teki kata
Permainan ini mirip seperti tebak pasangan kata: gunung-sungai, gula-garam, merah-putih, dsb pada angka, misalnya: 3-7, 4-6, dst, permainan ini juga dapat diterapkan pada saat menyapa pada pagi hari sebagai pengganti salam, dan pada saat akan pulang sekolah. Pada awal masa sekolah dasar, dengan memberikan perhatian dan waktu khusus untuk mengajarkan konsep angka, diharapkan kita dapat membimbing siswa untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D. DAFTAR PUSTAKA
Tim Gakko Tosho, Penyadur: Wahid Yunianto, Buku Panduan Guru Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas I. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021.
Tim Gakko Tosho Penyadur: Wahid Yunianto, Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas I, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021.