Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
SENI TARI KELAS 4 SD/MI

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B

 I. INFORMASI UMUM 
 A. IDENTITAS MODUL 
Nama Penyusun : ................
Nama Sekolah : Guruh Merdeka
Tahun Penyusunan : ................
Modul Ajar : Seni tari
Fase/Kelas : B / IV
Alokasi Waktu : 3 X Pertemuan (2 JP x 35 menit)

 B. KOMPETENSI AWAL 
Peserta didik dapat mengenal flora-fauna dan makhluk hidup disekitar lingkungannya secara invidu maupun kelompok

 C. PROFIL PELAJAR PANCASILA 
Pada kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila tentang:
  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
  2. Berkebinekaan global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda-bedakan teman ketika pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.
  3. Mandiri dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.
  4. Bergotong royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi hasil kerja kelompok.
  5. Bernalar kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan dalam peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.

 D. SARANA DAN PRASARANA/ALAT DAN BAHAN 
  1. Ruang Kelas / Halaman
  2. LCD Projector
  3. Laptop
  4. Jaringan Internet/Wifi
  5. Buku Guru dan Buku Siswa Seni Tari kelas IV serta sumber referensi lain
  6. Alat dan Bahan

Pertemuan 1
  1. Alat Tulis
  2. Media gambar atau video tentang lingkungan hidup, ekosistem dan habitat.

Pertemuan 2
  1. Alat Tulis
  2. Buku tentang lingkungan, gambar/ foto, video (menanam padi) dan benda terkait
  3. beberapa jenis tumbuhan yang ada di sekitar rumah atau sekolah.

Pertemuan 3
  1. Alat Tulis
  2. Buku tentang lingkungan, gambar/ foto, video dan benda terkait
  3. Video tari dan dongeng yang memiliki cerita tentang lingkungan, tumbuhan, hewan atau profesi dalam lingkungan tertentu.

 E. TARGET PESERTA DIDIK 
Peserta didik reguler (bukan berkebutuhan khusus)

 F. MODEL PEMBELAJARAN 
Tatap Muka 

 II. KOMPETENSI INTI 
 A. Tujuan Pembelajaran 
Peserta didik mampu memperagakan ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup di sekitar lingkungannya secara individu maupun kelompok

 Capaian Pembelajaran : 
1. Elemen Mengalami (Experiencing
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
2. Menciptakan (Creating)
peserta didik mampu mengidentifikasi dan membuat gerak dengan unsur utama tari, level, perubahan arah hadap.
3. Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working artistically)
peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.
4. Merefleksikan (Reflecting)
peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukan aktivitas pembelajaran tari
5. Berdampak (Impacting)
peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.


 B. Pemahaman Bermakna
Dengan melakukan berbagai kegiatan pada pembelajaran ini, peserta didik  mampu mengenal lingkungan dengan baik melalui pembelajaran tari yang mengangkat tema lingkungan. Bagi peserta didik pengenalan terhadap lingkungan di sekitarnya merupakan pengalaman yang positif, menarik dan menyenangkan. Mereka memiliki rasa ingin tahu, sikap antusias yang kuat terhadap segala sesuatu, sikap berpetualang serta minat yang kuat untuk mengobservasi lingkungan

 C. Pertanyaan Pemantik 
  1. Hewan-hewan apa saja yang ada di seekitarmu?
  2. Apakah makanan pokok yang dikonsumsi kamu setiap hari?
  3. Bagaimana gerak daun-daun tumbuhan tersebut bila diterpa angin?
  4. Peralatan apa saja yang kamu bawa disaat sekolah?
  5. Sebutkan macam-macam profesi yang ada di sekitar lingkunganmu?
  6. Sebutkan contoh busana dan tata rias dari profesi yang kamu ketahui?

 D. Persiapan Pembelajaran 
  1. Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Media Ajar guru Indonesia , menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb.
  2. Guru mempersiapkan alat, bahan, dan media pembelajaran yang diperlukan

 E. Kegiatan Pembelajaran 

Pertemuan Pertama 1x (2JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran 
Pendahuluan (Alokasi Waktu 10 menit)
  1. Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.
  2. Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.
  3. Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.
  4. Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.
  5. Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.
Kegiatan Inti (50 menit)
  1. Guru memberikan beberapa referensi yang didapat dari buku bacaan, gambar maupun video tentang makhluk hidup yang diwakili dengan jenis flora dan fauna sesuai habitat. Lalu, guru meminta peserta didik untuk menyebutkan flora dan fauna beserta tenpat hidupnya di sekitar tempat tinggal peserta didik.
  2. Guru bertanya pada peserta didik tentang hewan-hewan yang pernah dilihat baik secara langsung maupun melalui media, ataupun yang ada di sekitar lingkungan peserta didik.
  3. Peserta didik mengidentifikasi cara bergerak dan tempat hidup dari hewan-hewan yang telah disebutkan.
  4. Guru bertanya pada peserta didik mengenai tumbuh-tumbuhan yang pernah dilihat baik secara langsung maupun melalui media, ataupun yang ada di sekitar peserta didik.
  5. Peserta didik mengidentifikasi bentuk dan tempat hidup dari tumbuh-tumbuhan yang telah disebutkan.
  6. Guru memberikan contoh makhluk hidup sesuai dengan habitatnya beserta ekosistem yang terjadi.
  7. Peserta didik mengidentifikasi habitat flora dan fauna yang mereka ketahui.
  8. Setelah peserta didik memahami pengertian ekosistem, habitat, juga lingkungan beserta makhluk hidup di dalamnya maka guru dapat mengarahkan diskusi peserta didik dan menguatkan peserta didik mengenai: 1). Definisi ekosistem, habitat, lingkungan hidup; 2). Jenis flora dan fauna yang tumbuh dan berkembang pada habitat yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.
Penutup (10 menit)
  1. Guru dan siswa menyimpulkan isi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  2. Guru melaksanakan evaluasi proses pembelajaran.
  3. Mengagendakan pekerjaan rumah 
  4. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.

Pertemuan Kedua 1x (2 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (Alokasi Waktu 10 menit)
  1. Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.
  2. Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.
  3. Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.
  4. Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.
  5. Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.
Kegiatan Inti (50 menit)
  1. Guru mengajak peserta didik untuk mengapresiasi video tari tentang lingkungan sebagai salah satu cara untuk menanamkan cinta lingkungan dan ekosistem di dalamnya.
  2. Peserta didik mengidentifikasi jenis flora dan fauna serta profesi (petani). Peserta didik menyebutkan flora dan fauna yang hidup di darat dan di air.
  3. Guru menstimulus peserta didik untuk memberikan contoh salah satu flora dan fauna yang hidup di darat, yakni padi dan burung Pipit. Peserta didik lainnya dapat menyebutkan contoh lain sesuai dengan lingkungan tinggal dan ekosistem yang terjadi.
  4. Guru mengulas contoh yang diberikan peserta didik misalnya tentang proses padi menjadi gabah, lalu diolah menjadi beras, sampai berupa nasi. Hal ini dapat dilengkapi dengan ulasan mengenai proses penanaman padi oleh petani.
  5. Guru mengarahkan diskusi peserta didik tentang berbagai aktivitas ekosistem di persawahan, adanya proses tanam padi oleh petani, adanya burung Pipit sebagai hama sekaligus hewan yang menguntungkan bagi persebaran benih. Juga usaha untuk menjaga padi dari burung dengan menggunakan orang-orangan sawah
  6. Peserta didik diminta menyampaikan pengalaman mereka tentang hubungan lingkungan dengan makhluk hidup di dalamnya. Peserta didik dapat pula menceritakan ayam, jagung, dan peternak, bila lingkungan tinggal mereka di daerah peternakan.
  7. Guru membantu peserta didik untuk mengungkapkan kewajiban mereka dalam menjaga lingkungan. Pengaruh aktivitas yang dilakukan manusia pada pelestarian tumbuhan dan hewan pada sebuah ekosistem. Sikap-sikap yang harus dimiliki untuk saling menjaga keberadaan makhluk hidup dalam ekosistem.
Penutup (10 menit)
  1. Guru dan siswa menyimpulkan isi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  2. Guru melaksanakan evaluasi proses pembelajaran.
  3. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.

Pertemuan Ketiga 1x (2JP x 35menit)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (Alokasi Waktu 10 menit)
  1. Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.
  2. Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.
  3. Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.
  4. Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.
  5. Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.
Kegiatan Inti (50 menit)
  1. Guru mengajak peserta didik untuk mengamati bentuk tumbuhan dan cara jalan hewan yang ditemukan.
  2. Guru mengajak peserta didik mengapresiasi gambar dan video tari serta dongeng tentang tumbuhan dan hewan serta profesi yang berkaitan dengan flora fauna dari habitat tertentu sesuai dengan daerah masing-masing. Beberapa contoh tari yang bertemakan tumbuhan, hewan, dan profesi. 
  3. Tari kancil (Jawa Timur), Tari Mupu kembang (Jawa Barat), Tari Pemetik Teh (jawa tengah), Tari Panen Padi (Sumatera Barat, Kalimantan Timur).
  4. Peserta didik mengidentifikasi gerak tari tentang tumbuhan, hewan dan profesi, musik yang digunakan sebagai musik pengiring, kostum dan rias pada tari tersebut.
  5. Peserta didik meniru gerak yang tampak pada video yang disajikan tentang cara tumbuhan bergoyang terkena angin, hewan berjalan, dan manusia melakukan pekerjaan.
  6. Peserta didik mengaitkan temuan nyata tentang tumbuhan dan hewan yang ditemukan dari video yang dilihat. Peserta didik mengenal bagian tubuhnya yang dapat digunakan untuk mengekspresikan gerak tumbuhan dan hewan. Misalnya: Tangan digunakan sebagai sayap untuk gerak terbang. 
    Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B

  7. Peserta didik melakukan eksplorasi gerak berdasarkan pengalaman melihat gerak hewan secara ataupun apresiasi video. Misalnya: Bagaimana tumbuhan bergoyang terkena angin? Bagaimana padi merunduk karena matang dan siap di panen? Bagaimana burung Pipit terbang mengitari sawah? Bagaimana orangorangan sawah menghalau burung Pipit? Bagaimana gerak petani saat menanam padi sampai mengolahnya? Guru mengarahkan dan membantu peserta didik dalam proses eksplorasi.
Penutup (10 menit)
  1. Guru dan siswa menyimpulkan isi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  2. Guru melaksanakan evaluasi proses pembelajaran.
  3. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.

 F. Asesmen/ Penilaian 
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B

 G. Kegiatan Remedial dan Pengayaan 
1. Kegiatan Remedial :
Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
2. Kegiatan Pengayaan :
Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari.

 H. Refleksi Guru 
  1. Apakah seluruh peserta didik mampu menjelaskan materi padi, burung Pipit dan petani?
  2. Apakah peserta didik menemukan kesulitan selama pembelajaran?
  3. Apakah seluruh peserta didik dapat menunjukkan hubungan antara padi, burung Pipit dan petani?
  4. Apakah peserta didik dapat mengidentifikasi kemudian menguraikan gerak padi, burung Pipit dan petani?
  5. Apakah peserta didik dapat mengidentifikasi kemudian menguraikan gerak padi, burung Pipit dan petani?
  6. Apakah seluruh peserta didik dapat menyusun gerak tari dengan alur cerita padi, burung Pipit dan petani?
  7. Apakah seluruh peserta didik dapat mengintepretasikan makna yang terkandung pada materi padi, burung Pipit dan petani?
  8. Apakah seluruh peserta didik mampu menjelaskan pesan moral yang ada dalam 
  9. materi mengenal tari melalui padi, burung Pipit dan petani?
  10. Apakah seluruh peserta didik mampu mengaitkan gerak sehari-hari dengan pesan moral dari materi padi, burung Pipit dan petani?
  11. Apakah seluruh peserta didik mampu untuk menunjukkan nilai-nilai budaya yang terkandung pada hubungan antara padi, burung Pipit dan petani?

 III. LAMPIRAN 
 Lampiran 1. Penilaian 

 A. PENILAIAN DIAGNOSTIK 
1. Diagnostik Non Kognitif
Asesmen diagnostik non kognitif di awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal meliputi kesejahteraan psikologi peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta didik selama belajar di rumah, kondisi keluarga dan pergaulan peserta didik, gaya belajar, karakter, dan minat siswa.
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B

2. Diagnostik Kognitif
  1. Hewan-hewan apa saja yang ada di sekitarmu?
  2. Apakah makanan pokok yang dikonsumsi kamu setiap hari?
  3. Bagaimana gerak daun-daun tumbuhan tersebut bila diterpa angin?
  4. Peralatan apa saja yang kamu bawa disaat sekolah?
  5. Sebutkan macam-macam profesi yang ada di sekitar lingkunganmu?
  6. Sebutkan contog busana dan tata rias dari profesi yang kamu ketahui?

B. PENILAIAN FORMATIF 
1. Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas : …………………………………..
Hari, Tanggal : …………………………………..
Pertemuan Ke- : …………………………………..
Materi Pembelajaran : …………………………………..
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B
Berilah  tanda cek list (√) pada kolom yang tersedia jika peserta didik sudah menunjukan sikap/perilaku tersebut.

2. Instrumen Penilaian Observasi dan Tanya Jawab
Observasi Terhadap Diskusi dan Tanya Jawab
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B
Keterangan: 1 = tidak, 2 = ya
Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus berikut
Guruh Merdeka

3. Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
Pedoman Penilaian Kompetensi Keterampilan
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B

Aspek dan Rubrik Penilaian
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B
Perhitungan Perolehan nilai
Nilai akhir yang diperoleh merupakan akumulasi dari perolehan nilai untuk setiap aspek dengan ketentuan sebagai berikut :
Jika peserta didik pada aspek pertama memperoleh nilai 20, aspek kedua 30, aspek keempat 40, maka total perolehan nilainya adalah 90.

4. Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1. Penilaian Kognitif Elemen Mengalami
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B

C. PENILAIAN SUMATIF 
Asesmen sumatif merupakan asesmen yang dilakukan guru setelah menyelesaikan proses pembelajaran. Hasil asesmen sumatif digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, mengukur konsep dan pemahaman peserta didik, serta mendorong untuk melakukan aksi dalam mencapai kompetensi yang dituju.

 Lampiran 2. Lembar Kerja Peserta Didik 
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas 4 SD Fase B

 Lampiran 3. Bahan Bacaan Untuk Peserta Didik dan Guru 
Bahan bacaan untuk peserta didik dan guru diambilkan dari  buku guru Seni  Tari kelas IV. Serta bisa juga menambahkan dari sumber internet yang berkaitan dengan materi yang dipelajari.

 Lampiran 4. Glosarium 
Flora : Semua jenis tumbuhan atau tanaman yang ada di dunia.
Fauna : Segala jenis hewan yang hidup di dunia
Profesi : Bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian seperti keterampilan dan kejuruan tertentu.
Ekosistem : Suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

 Lampiran 5. Daftar Pustaka 

Daftar Pustaka

Trianti Nugraheni, Dyan Indah Purnama Sari. (2021). Buku Panduan Guru Seni Tari. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.